PPP Usulkan TAP MPRS Pembubaran PKI Jadi Landasan RUU Haluan Ideologi Pancasila

Syamsurizal
Baleg DPR dari Fraksi PPP, Syamsurizal. Doc. dpr.go.id

Terkini.id, Jakarta – Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR dari Fraksi PPP,Syamsurizal, mengatakan fraksinya mengusulkan agar TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966, tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia dan Larangan Setiap kegiatan Untuk Menyebarkan Atau Mengembangkan Paham atau Ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme menjadi landasan dalam RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

“Usulan itu agar bisa membentengi bangsa Indonesia dari ideologi-ideologi yang bertentangan dengan Pancasila,” kata Syamsurizal, dalam keterangannya di Jakarta, Senin 4 Mei 2020.

Ia mengatakan, Fraksi PPP juga meminta adanya sejumlah perbaikan dalam RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang saat ini sudah selesai dibahas di tingkat Panja, namun belum disahkan oleh DPR.

Perbaikan itu menurut dia seperti perlu dilakukan pada ketentuan umum dan memperjelas sejumlah istilah yang belum banyak dipahami.

“Lalu dalam draf RUU HIP itu ada beberapa istilah ‘kebersamaan’, kami meminta istilah tersebut diganti dengan istilah ‘gotong royong’,” jelasnya.

Selain itu menurut dia, Fraksi PPP juga mengusulkan agar mempertimbangkan kembali penunjukan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila sebagai pelaksana dari UU HIP.

Ia menjelaskan usulan tersebut karena HIP akan menjadi pegangan seluruh bangsa Indonesia, sehingga perlu institusi yang lebih kuat mengemban amanah ini.



Penulis: Moh Ali Ghufron

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Heboh Wawancara Imajiner Mata Najwa dengan Kursi Kosong

Pasien RS Jadi Kluster Covid-19 Tertinggi di DKI

Rehabilitasi DAS Sukses Memberi Manfaat Nyata Kepada Masyarakat Sekitar

Keadaan Menag Fachrul Razi Positif COVID-19 Jalani Isolasi di Rumah Sakit

Atasi Macet Di Puncak Bogor, Menhub Gandeng ITB

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar