PPP Usulkan TAP MPRS Pembubaran PKI Jadi Landasan RUU Haluan Ideologi Pancasila

Syamsurizal
Baleg DPR dari Fraksi PPP, Syamsurizal. Doc. dpr.go.id

Terkini.id, Jakarta – Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR dari Fraksi PPP,Syamsurizal, mengatakan fraksinya mengusulkan agar TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966, tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia dan Larangan Setiap kegiatan Untuk Menyebarkan Atau Mengembangkan Paham atau Ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme menjadi landasan dalam RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

“Usulan itu agar bisa membentengi bangsa Indonesia dari ideologi-ideologi yang bertentangan dengan Pancasila,” kata Syamsurizal, dalam keterangannya di Jakarta, Senin 4 Mei 2020.

Ia mengatakan, Fraksi PPP juga meminta adanya sejumlah perbaikan dalam RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang saat ini sudah selesai dibahas di tingkat Panja, namun belum disahkan oleh DPR.

Perbaikan itu menurut dia seperti perlu dilakukan pada ketentuan umum dan memperjelas sejumlah istilah yang belum banyak dipahami.

“Lalu dalam draf RUU HIP itu ada beberapa istilah ‘kebersamaan’, kami meminta istilah tersebut diganti dengan istilah ‘gotong royong’,” jelasnya.

Baca juga:

Selain itu menurut dia, Fraksi PPP juga mengusulkan agar mempertimbangkan kembali penunjukan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila sebagai pelaksana dari UU HIP.

Ia menjelaskan usulan tersebut karena HIP akan menjadi pegangan seluruh bangsa Indonesia, sehingga perlu institusi yang lebih kuat mengemban amanah ini.



Penulis: Moh Ali Ghufron

Komentar

Rekomendasi

Kemenkumham Telusuri Dugaan Pelanggaran Konten Youtube Deddy Corbuzier

Polres Metro Depok Amankan Belasan ABG Konvoi Bawa Sajam dan Miras

Pasutri Penjual Seblak di Kota Depok Terkonfirmasi Covid19

Pemkot Depok Lacak Keluarga Tim Medis Terpapar Virus Corona

Puluhan Tenaga Medis RSUD Kota Depok Terpapar Virus Corona

Disnaker Kota Depok Buka Posko Aduan THR

Jelang Idul Fitri, Simak Fatwa MUI Shalat Id Nomor 28 Tahun 2020

Pemkot Bogor Masih Sosialisasikan Aturan Penumpang KRL Bawa Surat Tugas

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar