Menag Akan Umumkan Tatanan Tempat Ibadah New Normal

Menteri Agama RI, Fachrul Razi
Menteri Agama RI, Fachrul Razi di Jakarta, Minggu 24 Mei 2020, menggelar Shalat Id secara terbatas di rumahnya. Doc. Antara

Terkini.id, Jakarta – Menteri Agama RI, Fachrul Razi akan mengumumkan tatanan new normal di tempat ibadah pada hari Jumat 29 Mei 2020 besuk yang arahnya memfungsikan kembali tempat umat untuk beribadah.

“Rencana kami akan menerbitkannya besok Jumat sore. Kenapa Jumat sore? Karena yang agak kompleks adalah mempersiapkan Shalat Jumat,” kata Menag kepada wartawan di Jakarta, Kamis 28 Mei 2020.

Dia mengatakan pengumuman pada Jumat sore itu agar ada kesiapan setiap pihak melaksanakan Jumatan pada pekan berikutnya sehingga tidak ada efek buru-buru menyesuaikan kebijakan baru.

“Kalau Jumat sore kami umumkan masih ada satu minggu untuk mempersiapkan pada Jumat berikutnya. Mudah-mudahan ini kebijakan yang cukup adil,” katanya.

Persoalan relaksasi tempat ibadah, kata dia, sudah dipaparkan kepada Presiden Joko Widodo. Jokowi juga meminta Menag agar menginformasikan hal tersebut kepada media.

Fachrul mengatakan kewenangan relaksasi diupayakan agar sampai pada tingkat kecamatan agar lebih adil dalam memberlakukan pelonggaran.

“Kewenangan itu kami berikan sampai dengan tingkat camat untuk memutuskan,” kata dia menjelaskan keluhan kecamatan yang sejatinya zonanya jauh dari kabupaten.

“Kami berpikir mungkin yang adil kewenangan itu diberikan sampai tingkat camat, sesuai tingkat level rumah ibadahnya sehingga camat bisa meliat ke desa. Desa tertentu yang tidak ada sama sekali meskipun di kabupatennya memang tinggi, tapi di tingkat kecamatannya tidak, sehingga dia bisa ambil kebijakan,” katanya.

Penulis: Moh Ali Ghufron

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Pasien RS Jadi Kluster Covid-19 Tertinggi di DKI

Rehabilitasi DAS Sukses Memberi Manfaat Nyata Kepada Masyarakat Sekitar

Keadaan Menag Fachrul Razi Positif COVID-19 Jalani Isolasi di Rumah Sakit

Atasi Macet Di Puncak Bogor, Menhub Gandeng ITB

Bupati Aceh Barat Positif Covid-19, Istri Negatif

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar